Friday 4th of October 2024

Proses Terbentuknya, Danau Tendetung Kab Banggai Kepulauan, Wisata Alam Unik dan Eksotis di Sulawesi Tengah

×

Proses Terbentuknya, Danau Tendetung Kab Banggai Kepulauan, Wisata Alam Unik dan Eksotis di Sulawesi Tengah

--

Sehingga, bukan karena air yang membentuk danau tersebut terperangkap namun karena air yang memasuki danau datang lebih cepat daripada yang keluar atau menguap.

Baca juga: Perbedaan Zaman Megalitikum dan Zaman Mesolitikum Adalah? Ternyata Ini Jawabannya!


Baca juga: Arti Kode 323 Adalah? Bahasa Gaul Viral TikTok Hingga Twitter, Anak Kecil Dilarang Pakai!

Baca juga: Hukum Kekekalan Energi Adalah: Pengertian, Jenis, Rumus, dan Contoh Penerapan

Dari bentuknya, danau Tendetung seperti dolinee atau sebuah danau yang terbentuk akibat reruntuhan atap gua. Terlihat dari struktur lipatan yang membentuknya. Meski demikian, masih perlu dilakukan penelitian lebih lanjut apa dan bagaimana proses terbentuknya danau Tendetung.

Danau Tendetung sendiri memiliki luas ± 230 ha dengan debit air mencapai 4.800 liter/detik. Salah satu hal yang membuat danau ini unik adalah kandungan airnya yang berubah-ubah.

Saat musim hujan, airnya akan surut sementara saat musim kemarau, airnya akan pasang. Beberapa catatan menyebutkan kalau fenomena ini terjadi akibat estavelle yang disebabkan oleh hidrologi permukaan danau yang mungkin saja terhubung ke satu atau lebih sungai bawah tanah.

Nah, demikianlah informasi mengenai proses terbentuknya Danau Tendetung Kab Banggai Kepulauan, Sulawesi Tengah yang dapat kami sampaikan. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat!

Sumber:

UPDATE TERBARU