Sunday 7th of July 2024

Kabar Terbaru Erupsi Gunung Lewotobi Laki – Laki NTT, BMKG Sebut Suplai Magma Masih Banyak Waspada Potensi Banjir Lahar!

×

Kabar Terbaru Erupsi Gunung Lewotobi Laki – Laki NTT, BMKG Sebut Suplai Magma Masih Banyak Waspada Potensi Banjir Lahar!

--

Masyarakat Dihimbau Tetap Waspada

Masyarakat dihimbau untuk tetap waspada sesuai tingkat aktivitas Gunung Lewotobi Laki-laki yang kini berada pada Level II atau Waspada. Bahkan Badan Geologi juga mengeluarkan rekomendasi agar masyarakat atau pengunjung tidak melakukan aktivitas apapun dalam radius dua km dari pusat erupsi.

"Khusus di bagian sektor Timur Laut 5 km dikarenakan di bagian Timur Laut ada aliran lava dan diwaspadai aliran piroklastik. Atau awan panas sehingga sektoralnya lebih panjang daripada radius lainnya," katanya. 


Baca juga: Doa Sebelum Push Rank Mobile Legends Pasti Winstreak! Langsung Naik Jadi Mythic Glory Tertinggi!

Baca juga: Link Baca Light Novel Haikyuu!! Full Chapter Sub Indonesia PDF Gratis, Perebutan Juara Voli Penuh Tantangan!

Baca juga: Sinopsis Light Novel Sakurasou no Pet na Kanojo: Kisah Persahabatan dan Penemuan Diri di Asrama Penuh Eksentrik

Gunung Lewotobi 

Sebagai informasi Gunung Lewotobi merupakan gunung api kembar yang terdiri dari dua puncak yakni Gunung Lewotobi Laki-laki dan Lewotobi Perempuan. Tingkat aktivitas Gunung Lewotobi Perempuan kini berada pada Level I atau Normal.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) melalui Pos Pengamatan Gunung Api (PPGA) melaporkan erupsi terjadi pukul 16.14 Wita dengan tinggi kolom abu 900 meter.

Dalam laporan tersebut disampaikan kolom abu teramati berwarna putih, kelabu hingga coklat dengan intensitas tebal condong ke arah barat dan barat daya. PPGA menyatakan erupsi Gunung LewotobiLaki-laki itu terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 47,3 milimeter dan durasi sekitar delapan menit 20 detik.

Status Gunung Lewotobi Laki-laki

Gunung Lewotobi Laki-laki saat ini berstatus waspada atau level II. Pada status level II PPGA mengeluarkan rekomendasi agar masyarakat tidak beraktivitas di radius dua kilometer dari pusat erupsi, serta sektoral tiga kilometer pada pada arah Utara-Timur Laut dan lima kilometer pada sektor Timur Laut.

PPGA Lewotobi Laki-laki juga mengingatkan masyarakat untuk mewaspadai potensi banjir lahar pada sungai-sungai yang berhulu di Puncak Gunung Lewotobi Laki-Laki.

Demikianlah informasinya terkait dengan serupsi Gunung Lewotobi Laki-Laki yang wajib akmu ketahui. Semoga informasi kali ini bisa menjawab pertanyaan kamu, ya. 

Sumber:

UPDATE TERBARU