Saturday 5th of October 2024

Erupsi Gunung Lewotobi Laki – Laki NTT Muntahkan Abu Vulkanik 900 Meter BMKG Tetapkan Status WASPADA atau Level II

×

Erupsi Gunung Lewotobi Laki – Laki NTT Muntahkan Abu Vulkanik 900 Meter BMKG Tetapkan Status WASPADA atau Level II

--

Gunung Lewotobi merupakan gunung api kembar yang terdiri dari dua puncak yakni Gunung Lewotobi Laki-laki dan Lewotobi Perempuan. Tingkat aktivitas Gunung Lewotobi Perempuan kini berada pada Level I atau Normal.

Erupsi Gunung Lewotobi Laki – Laki NTT Muntahkan Abu Vulkanik 900 Meter

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) melalui Pos Pengamatan Gunung Api (PPGA) melaporkan erupsi terjadi pukul 16.14 Wita dengan tinggi kolom abu 900 meter.


Dalam laporan tersebut disampaikan kolom abu teramati berwarna putih, kelabu hingga coklat dengan intensitas tebal condong ke arah barat dan barat daya. PPGA menyatakan erupsi Gunung LewotobiLaki-laki itu terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 47,3 milimeter dan durasi sekitar delapan menit 20 detik.

Baca juga: TERBONGKAR! Link Video Ibu Anak Part 2 Durasi 10 Menit, Merekam Jelas Tindakan Asusila Pada Seorang Bocah Kecil

Baca juga: UPDATE Link Video Adik Kakak 10 Menit Viral di FYP TikTok Jadi Buruan Warganet, Banyak yang Penasaran Sekaligus Geram

Baca juga: Isi Video Syur Adik Kakak Viral di Internet, Ini Identitas Pemerannya yang Berhasil Dibongkar Netizen!

Sudah Tiga kali erupsi sebelumnya hari ini

Gunung Lewotobi Laki-laki mengalami tiga kali erupsi yakni pada pukul 05.39, pukul 09.21 Wita dan pukul 13.09 Wita. Erupsi pertama pada pukul 05.39 dengan tinggi kolom abu teramati 300 meter. Erupsi pertama terekam di seismogram dengan amplitudo 14,8 milimeter dengan durasi 15 menit 27 detik.

Kemudian erupsi kedua terjadi pada pukul 09.21 Wita. Pada erupsi kedua tidak teramati tinggi kolom abu yang disemburkan Gunung Lewotobi Laki-laki. Dan letusan disertai dengan suara gemuruh yang kuat.

Sedangkan erupsi ketiga terjadi pada pukul 13.09 Wita. Pada erupsi ketiga PPGA Lewotobi Laki-laki menyatakan tinggi kolom abu tidak teramati.

Sekian artikel yang dapat kami bahas pada kesempatan kali ini yang berkenanaan dengan Erupsi Gunung Lewotobi Laki – Laki NTT Muntahkan Abu Vulkanik 900 Meter. Semoga bisa menjawab pertanyaanmu.

Sumber:

UPDATE TERBARU